Selamat Datang, Semoga Apa Yang Kita Baca Bisa Memberikan Manfaat Untuk Kita Semua

Saturday 13 April 2013

Sedikit Tips Setting Word Dan Power Point Agar Mudah Digunakan

Sering saya jumpai pada beberapa laptop / komputer teman tentang settingan pada microsoft office (khususnya word dan power point) yang menurut saya kurang pas. Kurang pas disini maksudnya saat digunakan (seperti saat mengetik di word), ada beberapa fitur yang ternyata belum diaktifkan / dimaksimalkan. Misalnya seperti rulenya tidak ada, saat mau menyetting margin ternyata masih dalam ukuran inchi, belum diganti menjadi centimeter, dan lainnya. Maka dari itu, dalam kesempatan ini saya akan berbagi sedikit tips untuk memudahkan kita dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, kuliah ataupun pekerjaan kantor.

Word
Untuk settingan word, berikut beberapa tipsnya.
1. Aktfkan / tampilkan rule. Caranya, klik tab view, lalu beri centang pada rule. Rule ini sangat berguna sekali saat kita mengatur penulisan suatu makalah / skripsi / tugas lainnya. Dengan bantuan rule ini tugas kita bisa dengan cepat kita rapikan, terlebih lagi saat kita mengatur bullet and numbering.


2. Tampilkan icon quick print dan print privew. Caranya bisa dilihat pada gambar di bawah ini, klik saja quick print lalu print privew, karena dengan mengeklik berarti kita mencentangnya dan iconpun akan tampil di sebelah icon undo / redo. Quick print berguna saat kita akan langsung mencetak (ngeprint) seluruh pekerjaan kita. Tinggal klik sekali dan semua halaman akan di print. Print privew fungsinya untuk melihat hasil dari apa yang kita ketik (sebelum kita print) untuk memastikan bahwa ketikan kita sudah rapi atau belum.


3. Nonaktifkan fitur spelling and grammar. caranya, klik pada office button lalu klik word option.

    
    Selanjutnya klik proofing, hilangkan semua centangan yang ada pada "when correcting spelling and grammar in word". Klik OK.


    Bila fitur ini tidak dinonaktifkan, maka saat kita mengetik sebuah kata berbahasa Indonesia akan muncul tanda merah / kadang hijau dibawah kata yang kita ketik. Hal ini menurut saya akan mengganggu kita saat melakukan pengetikan. Namun bila kita mengetik bahasa inggris, saya sarankan fitur ini  untuk diaktifkan. Karena fitur ini membantu kita untuk mengetahui kesalahan pengetikan kata kata bahasa inggris. Berikut contoh saat fitur ini diaktifkan. Makan dalam bahasa inggris yang benar adalah "eat", saat kita salah mengetikkannya maka akan ada tanda merah di bawahnya. Sudah tau kan bedanya? hehehe.


4. Rubah ukurannya dari inchi menjadi centimeter. Caranya sama seperti pada cara nomor 3. Klik office button, lalu klik word option. Selanjutnya klik pada tab Anvanced, tarik scroolnya ke bawah hingga ke "Display". Pada "show measurements units of" rubah menjadi centimeter. Klik OK.


Power Point
1. Pada power point, pertama aktifkan / tampilkan rule. Caranya sama seperti pada word (lihat cara nomor 1 di atas).


2. Tampilkan icon print preview. Caranya seperti pada nomor 2 di atas.

3. Nonaktifkan spelling and grammar. Caranya juga sama dengan cara pada nomor 2 di atas. Hilangkan tanda centang yang ada pada "check spelling as you type". Klik OK.


Demikian sedikit tips yang saya share malam ini. Saya sangat menyarankan untuk membaca postingan tentang cara menampilkan tab pada office, dan juga tips ngeprint data excel. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

2 comments:

Bila ada link download yang rusak, cobalah ulangi lagi dengan klik link tersebut (link yang ada di postingan) dan tunggu sampai ada tulisan "Skip Ad" di pojok kanan atas, jangan klik "skip Add" tersebut, tapi drag "skip Ad" tersebut ke Address bar, lalu enter. Apabila cara ini masih tidak bisa, mohon tinggalkan komentar agar bisa segera diperbaiki.