Selamat Datang, Semoga Apa Yang Kita Baca Bisa Memberikan Manfaat Untuk Kita Semua

Thursday 19 July 2012

Mengetik Arab Part II (Merangkai Huruf Demi Huruf)

Tiba saatnya kita mulai melatih jari jemari kita untuk merangkai huruf demi huruf. Penempatan jari sama seperti saat kita mengetik huruf latin. Agar lebih cepat memahami, biasakan terlebih dahulu dengan sederetan huruf yang ada di baris tengah, yaitu urutan (dari kiri ke kanan) A S D F G H J K L : " dimana huruf-huruf tersebut adalah huruf-huruf ط ك م ن ت ا ل ب ي س شز.

Dimulai dengan tangan kiri dengan urutan kelingking, jari manis, jari tengah, dan telunjuk. Untuk jari telunjuk dipakai untuk mengetik huruf F ( ب ) dan G ( ل ). Selanjutnya dilanjutkan dengan tangan kanan dengan urutan jari telunjuk, jari tengah, jari manis, dan kelingking. Jari telunjuk tangan kanan dipakai untuk mengetik huruf H ( ا )dan J ( ت ). Untuk kedua ibu jari berfungsi untuk membuat spasi. Tahu kan tombol spasi itu yang mana? Itu lhooo, tombol yang paling panjang, letaknya ada di bawah deretan huruf Z X C V B N M.

Bila kita sudah hafal dengan huruf-huruf pada baris tengah, silahkan kembangkan lebih lanjut pada baris di atas dan di bawahnya. Intinya sama seperti kalau kita mengetik huruf latin. Dan bila sudah mulai lancar dan hafal letaknya, cobalah untuk mengetik lafazh basmalah seperti di bawah ini.

بسم الله الرحمن الرحيم

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Bila ada link download yang rusak, cobalah ulangi lagi dengan klik link tersebut (link yang ada di postingan) dan tunggu sampai ada tulisan "Skip Ad" di pojok kanan atas, jangan klik "skip Add" tersebut, tapi drag "skip Ad" tersebut ke Address bar, lalu enter. Apabila cara ini masih tidak bisa, mohon tinggalkan komentar agar bisa segera diperbaiki.