Selamat Datang, Semoga Apa Yang Kita Baca Bisa Memberikan Manfaat Untuk Kita Semua

Monday 14 May 2012

Insomnia

Insomnia adalah ketidakmampuan untuk menikmati tidur yang normal dan cukup. Berapa lama anda perlu tidur? Para ilmuwan memberi tahu kita bahwa, rata-rata, manusia membutuhkan sekitar delapan jam istirahat setiap malam. Tetapi, berbagai penelitian juga memperlihatkan bahwa kebutuhan tidur setiap individu sangat bervariasi. Suatu analisis diri yang jujur dapat menentukan apakah Anda sudah memiliki pola yang menyehatkan atau sedang mengalami kesulitan tidur. Para pakar umumnya sepakat mengenai tanda-tanda tidur yang sehat berikut ini:
  • Anda mudah tidur tanpa menggunakan obat atau tanpa berjuang mengatasi kegelisahan atau kekhawatiran.
  • Anda jarang terbangun di tengah malam, tetapi kalau pun Anda terbangun, Anda dapat kembali tidur dengan cepat.
  • Anda bangun secara wajar kurang lebih pada saat yang sama setiap pagi dan biasanya tanpa bantuan alarm. Sekali Anda terbangun dan mulai menjalani kegiatan, Anda tidak mengantuk dan cukup siaga sepanjang hari. Jika Anda menyimpulkan bahwa Anda mengalami gangguan tidur, Anda dapat mencoba tips-tips praktis berikut ini.

Tips-Tips Praktis Nyenyak Tidur

  • Berhati-hatilah terhadap obat tidur. 
    Ada semakin banyak bukti bahwa banyak obat yang diresepkan untuk merangsang tidur sebenarnya menyebabkan ketergantungan dan berkurang keefektifannya jika digunakan untuk waktu yang lama, serta memiliki efek samping yang merusak. 
  • Hindari minuman tertentu menjelang waktu tidur. 
    Kopi, teh, cokelat panas, cokelat, dan minuman yang berbahan dasar kola hendaknya dihindari pada malam hari karena semua minuman tersebut bersifat stimulan dan membuat Anda sulit tidur.
  • Berhentilah merokok. 
    Rokok meningkatkan tekanan darah, mempercepat detak jantung, dan merangsang aktivitas gelombang otak. Para perokok juga cenderung terbangun lebih sering pada tengah malam. 
  • Hindari kegiatan yang merangsang mental atau fisik tepat sebelum tidur. 
    Gerak badan membantu istirahat yang sepatutnya tetapi tidak demikian jika itu dilakukan tepat sebelum berupaya tidur. Mengatasi masalah besar atau tantangan mental tepat sebelum tidur juga dapat mengganggu keadaan rileks yang sering kali dibutuhkan untuk mengantar kita tidur.
  • Pastikan bahwa kamar tidur hening, gelap, dan relatif sejuk. Suasana yang sedemikian pasti akan membuat tidur menjadi jauh lebih nyaman dan memberikan suasana hati yang lebih baik.
Jika tips-tips di atas masih belum dapat membantu Anda mengatasi gangguan tidur, Anda perlu mencari bantuan untuk mengatasinya dengan menganalisis dan mengetahui kondisi tubuh Anda. Keterangan berikut dapat membantu Anda mengetahui berbagai hal yang dapat menyebabkan gangguan tidur. 

Penyebab Insomnia

Medis: Penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, kelainan gerakan anggota tubuh secara berkala, asma, penyakit jantung dan pencernaan.
Psikriatis: Depresi, kekhawatiran, kepanikan, gangguan obsesif-kompulsif, gangguan stres pascatrauma.
Lingkungan: Cahaya, kebisingan, udara panas, udara dingin, kasur yang tidak nyaman, teman hidup yang tidak tenang. Penyebab lain: Penyalahgunaan alkohol dan narkoba, merokok, dan efek samping dari beberapa obat. 

Pengobatan Insomnia

Pola kehidupan modern yang cenderung mengutamakan pekerjaan membuat pola biologis tubuh menjadi terganggu, termasuk jadwal tidur. Perubahan ini terkadang tidak hanya sebatas fisik, tetapi berpengaruh juga terhadap metabolisme tubuh. Dalam keadaan stres, umumnya kerja jantung menjadi lebih cepat sehingga sirkulasi darah juga lebih cepat. Dalam kondisi demikian, darah akan meningkatkan kapasitasnya untuk mensirkulasikan oksigen dan zat makanan, namun di sisi lain menurunkan kapasitas dan fungsi darah yang berhubungan dengan relaksasi sehingga membuat seseorang mengalami gangguan tidur (insomnia).

Sarang Semut terbukti secara berkhasiat mengatasi insomnia. Kandungan antioksidannya yang tinggi serta kombinasi multi-mineral yang terkandung dalam Sarang Semut, seperti kalsium dan magnesium, diduga kuat berperan dalam hal tersebut. Mekanisme antioksidan dalam mengatasi insomnia ialah dengan menyehatkan dan melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh. Jika sistem peredaran darah sehat maka tekanan darah dalam tubuh akan stabil. Tekanan darah yang stabil membantu tubuh mengendalikan stres dan menimbulkan perasaan rileks pada tubuh sehingga memudahkan tubuh untuk beristirahat.

Sedangkan kalsium dan magnesium bekerja mengatasi insomnia dengan merilekskan otot dalam tubuh yang selanjutnya memudahkan tubuh untuk beristirahat. Selain itu, karbohidrat kompleks  yg terdapat pada Sarang Semut dapat memacu hormon serotonin yang dalam tubuh kemudian diubah menjadi hormon melatonin. Hormon ini diproduksi secara alami dalam tubuh apabila matahari sudah mulai tenggelam (mendekati senja). Hormon melatonin memiliki efek regulasi terhadap relaksasi tubuh dan rasa kantuk. Produksinya merupakan alarm alami bagi tubuh yang mengingatkan tubuh untuk beristirahat.

Mengingat banyaknya dampak buruk akibat kurang tidur, mencukupi kebutuhan tubuh untuk tidur sangat vital bagi kesehatan. Saat tidur, seluruh aktivitas dalam tubuh menurun sampai ke tingkat metabolisme dasar (metabolisme basal). Ini memungkinkan sel-sel saraf yang berfungsi sebagai pusat kendali beristirahat atau berelaksasi. Saat itulah keseimbangan biokimia tubuh yang terganggu dipulihkan dan terjadi pula perbaikan pada organ-organ dan sel-sel yang rusak. Saat itu pula, tubuh membutuhkan antioksidan yang sangat dibutuhkan dalam perbaikan sel-sel yang rusak. Dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, Sarang Semut dapat mencukupi kebutuhan tersebut. Sarang Semut terutama bekerja dalam sel dengan menstimulasi dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Selain itu, perbaikan ini juga dibantu oleh  mineral seng (zinc) yang terkandung dalam Sarang Semut yang juga bertugas memperkuat fungsi kekebalan tubuh. Perbaikan sistem kekebalan tubuh juga diketahui dapat membantu mengurangi stres dan memudahkan tubuh untuk beristirahat.

Jadi, disamping membantu tubuh memperbaiki diri, Sarang Semut membantu tubuh untuk beristirahat bahkan saat kita tidur sekalipun. Hasilnya, tak hanya pikiran yang segar, tubuh pun menjadi sehat dan prima! Kebutuhan tidur yang tercukupi, membantu kita menghindari berbagai dampak buruk kesehatan akibat kurang tidur sekaligus meningkatkan mutu kehidupan kita.

Sumber: http://www.deherba.com/memenuhi-kebutuhan-tidur-anda.html

0 comments:

Post a Comment

Bila ada link download yang rusak, cobalah ulangi lagi dengan klik link tersebut (link yang ada di postingan) dan tunggu sampai ada tulisan "Skip Ad" di pojok kanan atas, jangan klik "skip Add" tersebut, tapi drag "skip Ad" tersebut ke Address bar, lalu enter. Apabila cara ini masih tidak bisa, mohon tinggalkan komentar agar bisa segera diperbaiki.