Selamat Datang, Semoga Apa Yang Kita Baca Bisa Memberikan Manfaat Untuk Kita Semua

Friday 25 May 2012

Manfaatkan Fitur Backup Dan Restore Pada Windows7

Backup bisa dilakukan bukan hanya pada data-data / file-file penting kita saja, operating sytem (OS) atau sistem operasi seperti windows juga perlu untuk kita backup. Hal ini dimaksudkan agar bila sewaktu-waktu PC kita terkena virus, sementara fitur system restore yang ada pada windows tidak bisa berjalan, maka kita bisa mengembalikan system kita dengan bantuan ini.


Backup ini hampir sama seperti program ghost, yaitu membuat suatu image, dimana image ini berisi system operasi yang ada pada PC kita. Ada dua hal penting dalam menggunakan fitur backup dan restore  ini, yaitu membuat system image dan membuat system repair disc. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Klik start, pada kolom search ketikkan "backup", lalu klik "backup and restore".


2.Pilih create a system image.


3. Pilih "on a hardisk". Bila kita ingin membuat image tersebut menjadi kepingan DVD pilih "on one or more DVDs", dan bila kita ingin menyimpan/membuat image tersebut di PC lain dengan menggunakan fasilitas LAN maka pilih "on a network location". Dalam hal ini kita akan coba membuatnya dalam hardisk yang ada pada PC kita, jadi pilih "on a hardisk", dan pilih Local Disk (D). Setelah itu klik next.


4. Akan tampil kotak dialog "confirm your backup setting", klik start backup.



5. Tunggu sampai proses backup selesai. Waktu backup bisa lebih dari 10 menit, bahkan bisa lebih dari 20 menit bila program yang terinstall dalam PC kita banyak.


6. Setelah proses backup selesai, akan tampil pertanyaan "do you want to create a system repair disc?", jika kita akan membuat system repair disc sekarang, klik Yes, dan bila kita akan membuat system repair discnya nanti, maka klik No.


Bila kita klik Yes, akan tampil gambar seperti di bawah ini. Masukan CD/DVD kosong ke dalam DVD room, lalu klik create disc. Tunggu beberapa menit sampai proses pembuatan system repair disc selesai.


7. Proses selesai. Klik close untuk keluar. Buka explorer, lihat dalam partisi/Local Disk (D), maka akan muncul satu folder dengan nama "WindowsImageBackup".

8. Bila pada langkah nomor 6 kita memilih No, untuk membuat system repair disc kita tinggal lakukan langkah nomor 1, langkah nomor 2 (Pada langkah ini pilih create a system repair disc), Langkah nomor 6 dan langkah nomor 7.

Untuk apa fungsi dari system repair disc yang telah kita buat? Bisa dibaca di sini. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.




3 comments:

  1. wowww...amazinggg dan..hehehe

    ane dapetin banyak info nih mengenai hardware dan software.....

    ReplyDelete
  2. Bahaya gak pake Backup? :v ane newbie -_- takut ntar ada yang error atau file di desktop ada yang hilang, nggak kan?

    terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete

Bila ada link download yang rusak, cobalah ulangi lagi dengan klik link tersebut (link yang ada di postingan) dan tunggu sampai ada tulisan "Skip Ad" di pojok kanan atas, jangan klik "skip Add" tersebut, tapi drag "skip Ad" tersebut ke Address bar, lalu enter. Apabila cara ini masih tidak bisa, mohon tinggalkan komentar agar bisa segera diperbaiki.