Selamat Datang, Semoga Apa Yang Kita Baca Bisa Memberikan Manfaat Untuk Kita Semua

Tuesday 8 May 2012

Tidak bisa masuk windows?

Ada banyak hal yang menyebabkan kita tidak bisa masuk ke windows. Salah satunya adalah karena adanya crash pada windows. Komputer dinyalakan, saat layar memperlihatkan logo windows tiba-tiba komputer restart, atau bahkan layar menjadi blank.
Jika yang terjadi adalah hal yang demikian, untuk memperbaikinya lakukan langkah-langkah berikut:

1. Masuk dengan save mode. Caranya, tekan F8 saat starting windows (saat melihat pesan "starting windows” tekan F8). Kadang ada juga saat komputer dinyalakan ada pilihan "start windows normally", "save mode", dan lainnya. Jika ada pilihan seperti itu, pilih "save mode" dengan menggunakan tombol anak panah lalu tekan enter.

2. Setelah berhasil masuk dengan save mode, buka device manager. Bila di windows XP, klik kanan di My Computer - Properties - Hardware - device manager. Bila pada windows7, klik kanan di My Computer (Computer) - device manager.

3. Perhatikan pada device manager, bila ada yang bertanda tanya (?) atau tanda seru (!), klik kanan pada device tersebut, lalu pilih uninstall. Setelah proses uninstall selesai, restart komputer.

Kini komputer sudah bisa masuk ke windows dengan normal. Setelah masuk, buka kembali device manager, bila ada device yang ditandai dengan tanda tanya (?) atau tanda seru (!), install kembali driver yang bersangkutan.

11 comments:

  1. udah dicoba gan
    tp tetep ga bisa
    alias black screen
    kenapa tu gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Bisa masuk Bios ga sob,,,?? Kalo bisa, cb lihat tanggal/waktu di bios,,,
      2. Selain layar blank, ada tulisan / notifikasi apa disitu?

      Delete
    2. Kalo pake Hardisk sata, pastikan pengaturan sata di biosnya enable.

      Delete
  2. saya serupa juga bro..
    abis instal ulang.... g sempat masuk desktop dah ke restare..
    pas kerestart dah gak bisa masuk lagi...
    bahkan tulisan dan lambang windows g sempat muncul eh dah balik restart lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara / tutorial di atas hanya salah satu contoh problem dari sekian banyak problem tidak bisa masuk windows sob,,, tutorial diatas ga bisa masuk windowsnya bukan karena habis install ulang, sebelumnya bisa dan normal normal saja,,,habis nginstall software tertentu, pas restart ternyata ga bisa masuk windows lg,,,gt ceritanya, hehehe

      Untuk kasus yg sobat alami, tadi pas proses install ulang lancar ga sob,,,mungkin ada file yang ga bisa kecopy gt,,,? Terus boleh tau ga, kenapa diinstall ulang,,,krna sebelumnya terkena virus atau gmn gt,,,?

      Delete
  3. Wah punyaku jga kayak gitu, tapi pas mau masuk safe mode juga gk bisa, layarnya juga blank, cuma ada kursornya aja,

    ReplyDelete
    Replies
    1. di bawah ada tulisan ga? system boot failure ato apa gt?

      Delete
    2. Iya ada tulisan kya gtu . Trus d,gimanain ?

      Delete
  4. waktu teken F* gk keluar apa-apa -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tekan F8 jangan lepas sampai ada pilihan safe mode

      Delete

Bila ada link download yang rusak, cobalah ulangi lagi dengan klik link tersebut (link yang ada di postingan) dan tunggu sampai ada tulisan "Skip Ad" di pojok kanan atas, jangan klik "skip Add" tersebut, tapi drag "skip Ad" tersebut ke Address bar, lalu enter. Apabila cara ini masih tidak bisa, mohon tinggalkan komentar agar bisa segera diperbaiki.