Selamat Datang, Semoga Apa Yang Kita Baca Bisa Memberikan Manfaat Untuk Kita Semua

Thursday 31 May 2012

Muhafazhah Kubro MMA Al-Hikmah 2


Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Alhikmah 2 atau biasa di sebut MMA ini kembali mengadakan acara Muhafadzoh kubro sebagai kegiatan rutin tahunan yang bertempat di GOR Al hikmah 2. Muhafadzoh kubro adalah sebuah acara akhir tahun dimana setiap siswa dari kelas SP sampai kelas 6 secara massal menyetorkan hafalan yang telah dipelajarinya kepada para penguji yang telah ditentukan. Acara mukhafadzoh kubro adalah acara yang sangat ditunggu-tunggu oleh hampir seluruh siswa MMA ini, dimana nanti setelah acara mukhafadzoh selesai akan ada acara makan bersama (yang ditunggu makan-makannya..hahahha) Adapun materi hafalan para siswa siswi MMA ini disesuaikan dengan tingkat kelasnya. Kitab-kitab yang dihafalkan antara lain adalah, Hidayatusshibyan, Tuhfatul athfal, Al ‘imrithi, Alfiyah Ibni Malik.

Acara yang di adakan senin kemarin sangat meriah, seluruh siswa MMA menempatkan diri di tempat yang telah disesuaikan dengan kelompok pengujinya masing-masing. Menjelang pukul 8.00 acara pun dimulai. Di awali dengan sambutan-sambutan dan kemudian masuklah pada acara inti yaitu mukhafadzoh kubro. Terlihat beberapa siswa mengelap keringatnya yang bercucuran, mungkin saja karna belum siap menghadapi ujian mukhafadzoh kali ini, tapi banyak juga dari mereka yang terlihat sangat tenang dan bersemangat dalam menghafal.

Lima belas menit pembukaan telah berlalu, para penguji bersiap menempatkan diri. Acara inti pun telah dimulai, kali ini saya kembali dipercaya sebagai penguji kelompok F anak-anak putra. Menit demi menit berlalu, satu persatu penguji telah selesai melaksanakan tugasnya. Beberapa siswa-siswa MMA yang telah diuji terlihat mondar-mandir menyiapkan air minum untuk para penguji.

Akhirnya, selesai sudah acara muhafadzoh kubro, semua nilai telah masuk ke panitia. Dan di mulailah penghitungan nilai menentukan siapa juara umum untuk mukhafadzoh kubro kali ini. Sambil menunggu panitia menghitung nilai, kepala sekolah MMA,  DR.KH.Najib Affandi MA memberikan sambutan kembali dengan memberikan sebuah tantangan mengi’rob sebuah kalimat yang terdapat di dinding kelas enam MMA, otomatis  anak kelas enam yang terkena batunya, dan mau tidak mau salah satu perwakilan kelas 6 ada yang harus maju mengi’rob. suara sorak menggema di dalam GOR alhikmah ketika beliau menyebutkan satu nama anak kelas enam. Semuanya bergeming tapi kemudian majulah salah satu perwakilan dari kelas tersebut, tantangan pun kemudian di berikan lagi kepada kelas SP B kelas terendah di MMA untuk menantang anak kelas enam, dan semua bersorak-sorak saat sosok anak perempuan bertubuh mungil maju ke depan menerima tantangan dari beliau untuk menantang anak kelas enam. Sungguh woww bangett, kembali GOR Alhikmah penuh dengan tepukriuh yang bergemuruh.

Saya mungkin adalah salah satiu dari beberapa orang yang sangat antusias menanti jawaban yang mengalir dari dua orang yang sedang berdiri didepan sana. Semua mata tertuju pada dua sosok yang sedang berusaha beradu argumen mengi’rob sebuah kalimat “… haitsuma tastaqim yuqoddir lakallohu fii ghobiril azmani...” detik-detik mendebarkan kembali terasa diruang yang luas itu, sebuah jawaban dari kelas enam yang ternyata disalahkan oleh anak SP wowwww… ini benar-benar amazing!!!!!!! Kembali tepuk riuh menggema di GOR alhikmah. Jawaban kedua kembali terurai dari siswa kelas enam, dan ternyata masih ada beberapa kalimat yang kurang lengkap dari segi pengi’robannya. Dan  setelah itu kemudian siswa SP berusaha menjawab pertanyaan yang sama. Saat jawaban mulai di bacakan semua terdiam menanti, berharap di mampu dengan lancar mengurai setiap kalimat yang sama, tapi ternyata dia tetaplah bocah yang pemalu, agak grogi… meski jawaban terurai secara lengkap tapi beberapa kali matanya mendongak keatas, berharap ada jawaban yang mengawang disana hahahha…. kembali tepuk semangat terdengar riuh memenuhi GOR, akhirnya sebagai alternatif dibantulah siswi SP oleh anak kelas satu. tapi sunnguh hal menakjubkan buat saya.. mesti dengan jawaban yang terbata, tapi dia telah sempurna mengutaikan jawaban meski harus ditemani kakak kelas satu tingkat. mungkin biar gak grogi hehhehe. Berakhirlah debat yang menurut saya itu sangat seru dan harus di lestarikan hehehhe.

Dan akhirnya tibalah waktunya penentuan juara, sebagai juara dengan katagori  kelas terbaik muhafadzoh tahun ini adalah  kelas 1 A  MMA. Adapun untuk perorangan juara 1  di raih oleh siswi kelas V MMA atas nama shofwatun ni’mah dan juara ke 2 di raih oleh Naili zakiyah dari kelas SP.

Dan inilah acara akhir yang paling ditunggu-tunggu, yaitu makan bersama dengan nampan yang di tengahnya terdapat ayam satu gelondong utuh hehehe…

Dan berakhirlah hari yang sangat indah itu, sampai ketemu tahun depan…..
(teruntuk sahabat-sahabat MMA dan Atmosfir)

2 comments:

Bila ada link download yang rusak, cobalah ulangi lagi dengan klik link tersebut (link yang ada di postingan) dan tunggu sampai ada tulisan "Skip Ad" di pojok kanan atas, jangan klik "skip Add" tersebut, tapi drag "skip Ad" tersebut ke Address bar, lalu enter. Apabila cara ini masih tidak bisa, mohon tinggalkan komentar agar bisa segera diperbaiki.